Pentingnya Mengetahui Cara Menghitung Kehamilan Fundus Uteri

Fundus merupakan puncak rahim. Selama masa kehamilan, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan adalah dengan menghitung fundus uteri. Setidaknya ada 2 cara yang bisa Anda lakukan yaitu metode perabaan dan alat ukur. Nah berikut alasan pentingnya mengetahui cara menghitung kehamilan melalui fundus uteri.

Untuk Mengetahui Usia Kehamilan

Alasan pertama pentingnya mengukur fundus uteri adalah untuk mengetahui usia kehamilan. Ternyata usia kehamilan dapat diketahui dengan mengukur tinggi fundus. Jika menggunakan metode perabaan, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah meletakkan jari tengah dan telunjuk tepat di bawah atau di atas garis pusar.

Jika posisi fundus berada tepat 2 jari di atas garis pusar, hal ini menandakan bahwa kehamilan Anda sudah menginjak usia 22 hingga 24 minggu. Begitu pula sebaliknya. Jika posisi fundus berada tepat di garis pusar, hal ini menandakan bahwa kehamilan Anda sudah menginjak usia 18 hingga 20 minggu.

Namun perlu untuk diingat bahwa metode yang satu ini tidak begitu akurat. Mengapa? Sebab pemeriksaan yang dilakukan di waktu yang sama juga bisa menunjukkan hasil yang berbeda. Tak hanya itu saja, sebab perbedaan jarak antara tulang kemaluan dengan fundus pada setiap wanita ketika tidak dalam keadaan hamil juga mampu mempengaruhi akurasi perhitungan.

Untuk Mengetahui HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Alasan lain yang cukup penting mengapa Anda harus mengetahui cara mengukur fundus uteri adalah untuk mengetahui hari perkiraan lahir yang dihitung berdasarkan HPHT atau yang lebih dikenal dengan hari pertama hari terakhir selama periode menstruasi. Ternyata perhitungan HPHT ini juga dapat didukung dengan perhitungan tinggi fundus untuk mengetahui HPL.

Namun jika saja perkiraan perhitungan usia kehamilan berdasarkan HPHT kurang sesuai dengan perkiraan kehamilan berdasarkan TFU, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan USG untuk memastikannya. Pasalnya perhitungan HPL ini terbilang cukup penting guna menghindari terjadinya persalinan lewat waktu atau bahkan persalinan prematur.

Untuk Mengetahui Pertumbuhan Bayi

Tak hanya bermanfaat untuk mengetahui usia kehamilan dan memprediksi HPL saja. Ternyata tinggi fundus juga dapat menunjukkan perkembangan janin dalam rahim. Pengukuran tinggi fundus ini dapat membantu Anda mengetahui perkiraan berat badan janin sehingga Anda dapat mengetahui apakah terjadi pertumbuhan yang terlalu cepat atau bahkan terlalu lambay.

Pada umumnya pertumbuhan janin yang terlambat ini dipengaruhi oleh asupan gizi yang buruk, kelainan pada janin, atau bahkan hipertensi. Solusi tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan. Sedangkan pertumbuhan janin yang terlalu cepat disebabkan karena kondisi diabetes gestational.

Itulah beberapa alasan penting mengapa Anda harus mengetahui cara menghitung kehamilan dengan menggunakan metode fundus uteri. Ternyata tanpa disadari menghitung tinggi fundus uteri mampu memberikan informasi yang penting selama masa kehamilan. Agar pertumbuhan janin dapat berjalan lebih maksimal, Anda bisa mendapatkan informasi lainnya di orami.co.id.