Beberapa Perlengkapan Yang Harus Dibawa Pria Pada Saat Ibadah Umroh

Kamu pastinya tidak ingin kan jika ibadah umroh yang selama bertahun tahun diidamkan pada akhirnya tidak bisa berjalan dengan maksimal hanya karena kurang maksimalnya persiapan umroh misalnya saja perlengkapannya. Tetapi ibadah umroh akan berjalan dengan maksimal jika mengikuti  beberapa tips dibawah ini. Jika kamu seorang pria yang akan melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat ini maka supaya ibadah kamu khusyu nantinya dan tidak terganggu dengan urusan perlengkapan yang kurang karena telah dipersiapkan sejak awal, maka harus benar didalam mempersiapkan barang barang yang harus dibawa pada saat akan umroh.

Berikut beberapa perlengkapan yang harus dibawa pria pada saat ibadah umroh diantaranya yaitu :

  1. Kain Ihram

Membawa kain ihram sebanyak 1 set, tetapi juga sebaiknya membawa 1 set lagi sebagai cadangan jika kain ihram utamanya terkena najis atau kotoran.

  1. Sandal Dan Tas Plastik Untuk Menyimpan Sandal

Memang didalam masjid pasti ada rak untuk menyimpan sandal tetapi kan jumlahnya terbatas. Sehingga ada baiknya kamu menyimpan perlengkapan umroh itu sendiri misalnya saja sandal yang dimasukkan kedalam tas plastik bening sehingga pada saat mencarinya akan mudah. Atau juga kamu dapat meletakkannya dekat ditempat kamu solat. Hal ini tentunya untuk menghindari jika kamu lupa menyimpan sandal di rak yang mana.

  1. Sabuk Umroh Atau Haji

Bawa juga sabuk umroh atau haji yang ada dompetnya sehingga kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan uang dan juga mengikat kain ihram. Jika tidak memiliki sabuk maka bisa menggantinya dengan tas pinggang.

  1. Kacamata Hitam

Jika diperlukan kamu juga harus membawa kacamata hitam yang berfungsi untuk menghindari cahaya matahari di siang hari yang menyilaukan mata.

  1. Baju Muslim

Pada saat ke masjid maka sebaiknya menggunakan baju muslim berwarna putih atau warna lembut, membawanya secukupnya saja sekitar 3 atau 4 potong atau sesuai kebiasaan. Kamu kemungkinannya akan jarang berkeringat pada saat di Madinah atau Makkah karena udaranya memang kering.

  1. Celana Bahan Kain

Perlengkapan lain yang harus dibawa adalah celana dari bahan kain dan hindari membawa celana jeans. Pasalnya celana kain akan membuat bagasi tempat penyimpanan perlengkapan umroh lebih ringkas jika dibandingkan dengan celana jeans yang tebal. Selain itu juga di Tanah Suci cuacanya cenderung panas sehingga pastinya akan terasa nyaman jika menggunakan celana kain dari bahan katun. Membawa celana ini secukupnya saja atau sesuai dengan jumlah hari jadwal umroh, setidaknya bawa 2 hingga 3 potong celana saja atau disesuaikan dengan kebiasaan dan kenyamanan.

  1. Pakaian Tidur

Kamu juga harus membawa pakaian tidur. Memang kamu bebas membawa pakaian tidur apa saja seperti celana pendek dan kaus oblong, tetapi kamu harus mempertimbangkan dengan siapa nanti akan menginap di kamar hotel. Apakah nanti akan menginap berdua, bertiga, ataupun berempat. Jangan sampai pakaian tidur yang kamu gunakan tidak enak dipandang sehingga membuat mereka merasa tidak nyaman.

Selain itu masih ada perlengkapan lainnya seperti sarung, pakaian dalam, pelembab kulit, jaket atau sweater, sajadah tipis, perlengkapan mandi, kaus kaki tebal, perlengkapan gadget, kamera handphone atau kamera poket, obat obatan pribadi, masker, parfum, dan gunting atau pemotong kuku. Jika hingga saat ini kamu belum menemukan tempat yang terpercaya untuk membeli paket umroh yang murah, maka sebaiknya membelinya di Blibli.